Pages

Cara Mengatasi Starter Mogok Pada Mobil

Cara Mengatasi Starter Mogok Pada Mobil


Mobil – mobil modern sebenarnya sudah memiliki sistem starter yang cukup bagus. Ketika Anda menstarter mobil, artinya anda menggunakan motor elektrik untuk menyalakan mesin sehingga mesin siap untuk digunakan.

Untuk mengakomodasi funsi starter, mobil memanfaatkan fasilitas sistem starter. Jadi, ada komponen–komponen yang melakukan fungsi tertentu untuk mengakomodasi starter.
Komponen utama dari sistem starter adalah motor elektrik arus searah / DC yang dihubungkan ke motor. Motor starter ini membutuhkan arus listrik yang sangat tinggi untuk menyalakan mesin dengan cara menyalakan businya. Karena itu, biasanya sistem starter dihubungakan ke aki menggunakan kabel yang cukup tebal karena arus yang melewati kabel besar.
Kabel negatif dari aki menghubungkan terminal negatif dari aki ke blok mesin yang dekat dengan starter. Adapun kabel positif menghubungkan terminal positif dari aki ke starter solenoid.
Starter solenoid ini berfungsi sebagai switch / saklar otomatis. Ketika diaktifkan, akan menutup rangkaian dan menghubungkan motor starter ke aki. Pada saat yang bersamaan, akan menekan gir starter maju agar bersentuhan dengan roda gila dari mesin.
Berikut ini cara kerja sistem starter yang bertugas menyalakan mesin mobil anda saat pertama kali mobil anda digunakan :

  • Ketika anda memutar kunci mobil ke posisi start. Voltase dari aki akan menjalar ke rangkaian kontrol starter dan mengaktifkan starter solenoid. Ini akan memberi daya di motor starter. Kemudian, motor starter ini akan menyalakan mesin.
  • Starter hanya bisa dioperasikan ketika transmisi otomatis diatur ke park atau netral, tau jika menggunakan transmisi manual, saat pedal kopling ditekan. Karena itulah, ada switch keamanan netral yang ada ditransmisi otomatis atau di pedal kopling.
  • Ketika transmisi otomatis tidak sedang di posisi park atau netral, atau saat pedal kopling tidak ditekan. Saklar keamanan netral ini terbuka sehingga relay starter memutus rangkaian kontrol dari starter yang mengakibatkan starter tidak bisa dilakukan.

Bagaimana jika mobil Anda tidak bisa di starter atau tidak bisa nyala, ada berbagai alternatif yang bisa dilakukan, tetapi disini akan dijelaskan 2 garis besarnya saja :

  • Jika anda mengatur kunci kontak ke start, anda mendengar starter mencoba menyalakan mesin seperti biasa ( ada gerakan mengengkol dimesin ), berarti kerusakan tidak ada di sistem starter, tapi di mesin. Kemungkinanya bisa beragam juga, dari mulai selang bensin, saringan bensin, pompa bensin, karburator, injektor hingga masalah daleman mesin seperti busi, kerusakan di piston, silinder, dan banyak lagi lainya.
  • Jika anda mengatur kunci kontak ke start, tapi tidak ada suara apapun dari mesin ( atau ada suara tapi kecil ), dan anda hanya mendengar suara klik – klik, maka kemungkinan salah satu komponen di sistem starter ini ada yang rusak, entah itu kunci kontak, solenoid, motor starter, dan yang paling sering adalah aki, alias akinya tekor. Aki yang tekor ini biasanya diganti baru atau diisi ulang dahulu / disetrumkan.
Terimakasih semoga berguna dan beranfaat.
ARTIKEL TERKAIT :

Back To Top