Pages

Cara Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap Seperti Baru


Cara Menjaga dan Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap Seperti Baru


Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap Seperti Baru - Bekasi Otomotif, Seperti anda ketahui pada dasarya merawat sebuah kedaraan agar nampak selalu bagus dan enak untuk dipandang mata adalah hal yang susah-susah gampang. Yap, mengapa saya katakan demikian, tentunya untuk merawat kendaraan ini harus ada inisiatif daripada penggunanya sendiri. Karena, sebagai pemilik kendaraan terkadang kita cuek dan lalai dalam merawat mobil atau kendaraan pribadi kita dikarenakan aktifitas sehari-hari yag pada dengan pekerjaan. Nah, disini Bekasi Otomotif akan memberikan Tips Jitu dan Ampuh untuk Menjaga Kualitas Cat di Mobil anda nampak dan tampil seperti layaknya mobil baru. Penasaran ?? Yuk simak ulasaannya berikut ini.


Perawatan cat mobil yang kurang baik akan mengakibatkan cat mobil menjadi kusam dan tidak mengkilap lagi sehingga mobil anda tidak menarik lagi. Hal ini tentunya yang tidak ingin terjadi pada mobil anda bukan? Meskipun mobil anda masih baru, tidak menutup kemungkinan dalam waktu setahun sampai dua tahun warna catnya akan memudar apa bila anda tidak mengetahui cara merawat cat mobil. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips pada anda bagaimana cara merawat cat mobil agar tetap awet mengkilap.


Anda harus Mengenali Jenis Cat

Sebelum membahas pada bab tentang membuat cat mobil mengkilat, maka yang harus kita perhatikan adalah mengenali jenis cat yang ada pada mobil kita. Nah, di sini saya akan memberitahukan beberapa jenis cat yang biasanya di gunakan pada mobil dari masa ke masa

• Pertama adalah jenis cat Nitro Celulose (NC) cat jenis ini pada umumnya di gunakan pada era tahun 80-an. Tipe cat tersebut tidak stabil dalam segi warna dan kilap, sehingga perlu sering – sering memolesnya. Untuk merawat cat jenis NC di perlukan obat poles dengan bahan dasar silikon. Produk yang biasa di gunakan adalah Amway Silicon Glaze.

• Kedua adalah jenis cat Nitro Celulose Modified (NC Modified) cat jenis ini pada umumnya di gunakan pada era pertengahan tahun 90-an. Bahan dasar NC modified sebenarnya sama dengan cat jenis NC, bedanya adalah NC modified sudah ada bahan hardener yang menjadikan warna lebih kuat dan stabil. Untuk merawat jenis cat ini sama dengan merawat cat jenis NC.

• Ketiga adalah cat berbahan dasar Poly Urethane (PU) cat jenis ini biasa di gunakan pada mobil keluaran tahun 2000 keatas. Cat PU ini memiliki daya tahan yang lebih lama di bandingkan dengan kedua jenis cat di atas. Untuk merawat cat jenis PU di anjurkan untuk menggunakan bahan yang bersifat organik. Bahan carnauba cocok untuk memoles cat jenis PU ini. Banyak pilihan produk yang bisa digunakan untuk merawat cat jenis ini misalkan Turtle Wax, Megular`s, Mother`s, Zymol, dsb. Kalau ingin yang tidak terlalu mahal bisa gunakan KIT, pastikan wax yang anda gunakan mengandung bahan carnauba di dalamnya. 
 
Cara Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap Seperti Baru

Selanjutnya, Cara Mengkilapkan Cat Mobil

Setelah kita mengetahui jenis – jenis cat di atas, maka setidaknya kita mengetahui bahan apa yang seharusnya kita gunakan untuk merawat cat kendaraan kita, karena jenis cat yang di gunakan berbeda-beda dari masa ke masa. Pengetahuan tentang jenis cat sangatlah penting, karena apabila kita salah memilih bahan yang akan kita gunakan untuk merawat cat, maka yang terjadi malahan cat kendaraan kita jadi pudar karena warna catnya luntur. Maka dari itu kita harus mengetahui cara merawat mobil dengan baik.


Nah apabila mobil anda catnya sudah terlanjur kusam, maka yang harus di lakukan adalah:

1. Apabila mobil anda terdapat bercak –bercak halus dan noda akibat sisa air saat mencuci mobil, hal yang perlu anda lakukan adalah anda dapat menggunakan pengkilap cair semprot seperti produk dari Sanpoly atau dari Amway.

2. Biasanya pada mobil lama kerap sekali terdapat goresan halus akibat pada saat mencuci debu atau pasir halus tidak di bersihkan terlebih dahulu, apabila hal itu terjadi maka kita bisa gunakan amplas halus, minimal nomor 1000. Cara penggunaanya harus memakai air, setelah itu baru anda kompon yang di lanjutkan dengan cairan pengkilap.

3. Apa bila mobil anda masih baru sebaiknya lapisi cat dengan menggunakan WAX. Jangan menggunakan bahan silikon, karena silikon akan memperburuk lapisan clear pada cat sehingga hasilnya tidak akan mengkilap.
 
Kalau cat mobil mengkilap dan bersih tentunya membuat hati terasa tentram. Dan itu bisa kita lakukan dengan mudah tanpa menunggu cat mobil kita rusak, yang tentunya akan memakan biaya lebih untuk melakukan pengecatan ulang.

Demikian tips dari saya tentang Cara Menjaga dan Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap Seperti Baru, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Segera praktekkan sendiri dan anda akan tahu hasilnya. Terima Kasih sudah mampir.
Back To Top