Pages

Fungsi Dari Lubang Kecil di Knalpot yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Beberapa knalpot sepeda motor  dilengkapi dengan lubang kecil yang berada di bagian bawah dekat silincer. Ini terutama terdapat pada sepeda motor lawas semisal Honda Karisma atau Yamaha Nouvo dan motor lawas lainnya.

Mungkin anda fikir lubang kecil ini sekilas memang tidak ada manfaatnya. Bahkan masih ada yang menganggapnya sebagai cacat produksi. Lubang yang besarnya tak lebih dari 2 milimeter ini pun kemudian ditutupi ataupun di las. Namun benarkah lubang kecil itu tidak ada fungsinya  begitu?

Memang banyak yang tidak mengerti tutup manfaat  lubang itu. Padahal itu tempat untuk saluran pembuangan kalau-kalau knalpot anda kemasukan air.
Pada saat sepeda motor anda digunakan kala hujan, bahkan hingga melewati genangan banjir, atau saat juga pada saat dicuci, knalpot motor anda akan  berpotensi kemasukan air. Jika air ini masuk sampai bagian mesin, dapat dipastikan motor tidak akan bisa  hidup.

Dengan adanya lubang ini, maka kemungkinan tersebut bisa diantisipasi. Air akan keluar sebelum melewati pangkal knalpot motor anda.

Lantas apakah lubang ini bisa dibuat? Menurut pendapat beberapa mekanik notor  bisa. Dengan syarat diameternya tak boleh terlalu besar. Yang aman adalah mengikuti standar pabrikan, 1 sampai 2 mm saja.

Anda bikin lubang sendiri bisa, dengan cara dibor saja. Tapi ingat jangan sampai lubangnya terlalu besar. Ikuti standar pabrik, satu lubang diameternya 1 sampai 2 mm. Soalnya, kalau kebesaran tidak enak, jadi seperti knalpot bocor suaranya,"  dan juga bisa mengganggu kenyamanan yang mengendarai.

Back To Top