Pages

4 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

4 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

kendaraan memang sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari mulai dari aktifitas kerja, jalan-jalan, dan juga pas kita pacaran... :),  Banyak juga yang memiliki kendaraan semata-mata untuk meringankan beban dan wktu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada pula yang sengaja mempunyai motor untuk keperluan pribadi saja.Namun kendaraan motor bukan hanya untuk dinaiki saja ada pada waktunya motor itu perlu disayang dan di rawat agar motor tetap awet da tidak mudah rusak.

Ada beberapa bagian kendaraan yang perlu kita perhatikan, dari mulai ban motor,mesin dan juga rantai terutama.
perlu sobat otomotif ketahui bila rantai motor merupakan salah satu bagian yang sangat penting terhadap sebuah motor. Rantai juga perlu mendapatkan perhatian penting loh, karena pada bagian tersebut  rentan sekali dan juga sangat mudah putus atau hal lainnya bila tidak mendapatkan perawatan dan juga bisa mengakibatkan hal yang fatal. Hal tersebut dikarenakan mesin yang bekerja untuk memutar roda agar motor bisa berjalan, nah hal tersebut lah yang sering membuat rantai motor cepat rusak atau bahkan juga putus.

Hal lain yang dapat merusak rantai ialah, kurang perawatan seperti rantai kering karena tidak disemprot dengan pelumas rantai, rantai juga akan cepat rusak bila sering terkena air hujan yang mengakibatkan rantai cepat berkarat dan mudah putus. Tentu banyak sobat otomotif yang sering melalikan hal-hal seperti tersebut, nah untuk sobat otomotif yang ingin motor rantainya tetap awet dan tahan lama ? sobat dapat simak informasi dari kami yakni Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet dibawah ini.

1. Pastikan rantai motor memiliki pelumas

4 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Rantai motor yang kondisinya kering dan kotor sangat berpotensi mengakibatkan tergesurnya lapisan gear secara cepat dan mengakibatkan gear lebih cepat habis atau menipis. Penggunaan pelumas rantai motor diharuskan untuk mengurangi gesekan tersebut, juga untuk menghilangkan bunyi gesekan yang mengganggu yang biasa timbul ketika rantai dalam kondisi kering dan berkarat. Biasanya, beberapa orang mengunakan chain lube untuk membersihkan kotoran yang menempel pada rantai dan gear, cara ini lumayan efektif untuk menjaga kebersian rantai motor kita. Sedangkan, beberapa orang lain menggunakan oli mesin yang dipercaya lebih baik dalam sisi awetnya pelumas, dikarenakan tidak mengharuskan untuk diaplikasikan berulang kali ke rantai seperti hal nya chain lube. Tetapi, untuk penggunaan oli mesin disarankan untuk menggunakan oli mesin yang baru ya, karena bersih dari kandungan besi, tidak seperti oli bekas yang biasanya sudah terkandung “geram” (besi sisa keausan mesin motor) dan malah bisa menggerus permukaan gear dan rantai lebih cepat.

 2. Mengatur tingkat kerenggangan rantai secara pas

4 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Rantai yang terlalu tegang/kencang ataupun terlalu kendur/menggantung juga mempunyai dampak yang negatif bagi rantai dan gear. Apabila rantai terlalu kencang, bisa mengakibatkan rantai gampang putus, dan jika rantai terlalu kendur bisa mengakibatkan lepasnya rantai dari gear serta memungkinkan terlilitnya rantai pada tromol ban akan bisa berakibat fatal buat pengendaranya. Disarankan untuk menentukan tinggat kerenggangan rantai dengan jarak ayunan rantai pada perbedaan posisi sekitar 0,5cm-1cm. Jarak ayunan rantai yang ada akan membantu rantai untuk lebih mudah pas pada gearnya, dengan begitu rantai bisa menyesuaikan gerakan secara otomatis dan akan lebih enak pemakayannya.

3. Posisikan sejajar antara gear depan dan belakang

4 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Letak gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar itu juga bisa mempengaruhi penggunaan rantai motor. Pengaplikasian gear pada motor diharuskan menempel sempurna dan disesuaikannya bosh (karet peredam getar) yang sesuai agar gear dapat menjadi jalur rantai yang baik saat bekerja. Dengan lurusnya posisi antara gear, hal tersebut sangat membantuk ratai untuk bergerak secara benar pada jalurnya, sehingga masa pakainya pun akan lebih awet. Penambahan bosh besi pasa besi sumbu roda (as roda) bisa dijadikan salah satu cara untuk mensejajarkan posisi kedua pada gearnya.

4. Penggunaan sparepart orisinil dan berkualitas

Lagi-lagi ketahanan dan awetnya suatu sparepart yang dipakai memang diukur dari penggunaan bahan sparepart yang berkualitas nomer satu dan orisinil yang pastinya. Untuk mendapatkan kepuasan pemakaian memang diharuskan menggunakan sparepart pabrikan yang memang dibuat sesuai sesuai dengan motornya atau juga SNI. Tetapi bukan berarti barang kw ato imitasi tidak bisa kita gunakan secara maksimal juga. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sparepart berkualitas dengan biaya yang minim. Dengan membeli set gear secara terpisah, ataupun memberikan lapisan tambahan baja (sepuh baja) pada gear yang bisa kita dapatkan dari pandai besi kedua hal itu ditujukan agar kemampuan barang imitasi mampu menyamai kualitas barang yang orisinil, jadi menurut kami harga itu tidak bisa membohongi kualitas suatu barang... :)


Nah itulah beberapa poin di atas yang menjelaskan bagaimana cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama yang bisa kami sampaikan, jika ada yang kurang pas dan salah dalam penyampayan mohon dimaklumi, initinya kami cuma berbagi info yang bisa bermanfaat buan anda semua, oke terimakasih.
Back To Top