Pages

Asal Mula Ciri Khas Warna Hijau Pada Motor Kawasaki

Asal Mula  Ciri Khas Warna Hijau Pada Motor Kawasaki

Kawasaki yaitu pabrikan sepeda motor asal Jepang yang sudah  identik dengan warna hijaunya,beda halnya dengan kompetitornya yaitu Yamaha dengan warna khas birunya. Hampir semua model yang dijajakan tersedia dalam varian warna tersebut.

Green jelas khas Kawasaki yang begitu identik dengannya.  Yang menjadi pertanyaan., kenapa dari sekian banyak warna, pabrikan kawasaki lebih  memilih warna hijau?

Nah asal usul ciri khas warna hijau ternyata tidak terinspirasi dari apa yang terjadi di Jepang sebagai negara asal Kawasaki. Warna hijau jadi ciri khas justru karena apa yang telah terjadi di Amerika Serikat (AS), pada 1968 silam.

Menurut laman kawasaki-cp.khi.co.jp, dikutip Sabtu (18/03/2017), di tahun itu Kawasaki pertama kali meluncurkan sepeda motor balap bernama A1R, dengan warna hijau. Ada dua hal yang aneh dengan peluncurkan model tersebut.

Pertama, warna hijau, jika di AS, identik dengan kesialan. Kedua, saat itu tren motor sport masih sangat minim. Dengan kata lain, tidak ada pasaranya.

Namun menurut sumber yang kami dapat, kedua hal tersebut memang sudah terencana. Motivasi mereka adalah untuk mendobrak adat. "Kawasaki mengumumkan kepada dunia bahwa pemikiran konvensional tidak akan menjadi penghalang untuk mengejar sebuah tantangan baru," tulis laman tersebut.

Bukan itu saja ada lagi jawaban yang lebih konkret. Laman accelerate.presspublisher.us mengatakan bahwa warna hijau memang sengaja dipilih Kawasaki untuk membedakan diri dengan merek-merek kompetitor yang  lain. Kala itu pasar roda dua AS memang tengah "banjir" dengan 30an merek.

"Ini unik sangat unik dari yang lain, khas warna yang  menonjol di setiap tempat trek balap. (Warna ini) tidak akan membuat bingung karena tidak pernah terlihat sebelumnya. Ini menciptakan warna eksklusif Kawasaki yang tidak akan tertukar dengan warna motor  yang lain," ujar Molly Sanders, ahli cat yang berada di balik warna hijau terang tersebut.

Warna hijau pada awalnya  cuma  diterapkan pada motor-motor balap saja.A kan tetapi  kebijakan internal pada 1982 mengubah itu. KZ1000R jadi model massal pertama yang pakai warna lime green. Warna hijau  ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi virus warna motor baru yang populer


Sumber: liputan6.com.
Back To Top