Banyak yang salah kaprah yang menduga oil cooler pada Satria
F150 yaitu radiator. Bila diliat sepintas memanglah ada persamaan bentuk dari
oil cooler serta radiator. Walau sebenarnya ke-2 kompenen ini terang begitu
lain dengan peranannya. Nah langkah kerja dari oil cooler pada satria F150 ini
yaitu dengan mendinginkan oli pelumas yang disirkulasikan memakai satu pompa.
Dengan hal tersebut temperatur dari satria yang notabene memiliki kemampuan
silinder yang besar serta perbandingan kompresi yang cukup besar juga akan
terbangun.
Supaya oil cooler satra F150 bekerja dengan maksimum pasti
butuh dikerjakan perawatan dengan periodik. Sampai kini memanglah tehnologi
garapan suzuki yang sudah diperkenalkan mulai sejak 2005 yang lalu itu tidak
berlangsung problem. Tetapi terdapat banyak part berkaitan, yang bila
berlangsung problem juga akan mengganngu kemampuan oil cooler. Bila hal itu
berlangsung jadi imbasnya mesin Satria F150 juga akan gampang overhead.
Perawatan Oil Cooler Pada Satria F150
- Filter Oli
Komponen ini berperan untuk menyaring kotoran yang bercampur
pada oli pelumas. Nah karenanya butuh dikerjakan pergantian dengan teratur
minimum tiap-tiap 3x perubahan oli.
- Check Kebersihan Filter Oli
Bila ada kotoran pada filter oli jadi pastinya juga akan
menghalangi aliran dari oli pelumas.
- Yakinkan Gear Pompa Oli Bekerja Dengan Baik
Pompa ini berfunsi untuk memberi desakan pada oli pelumas
hingga dapat bersirkulasi. Jika ada problem mengakibatkan aliran terhalang.
Problem yang umum berlangsung yaitu rompalnya pada satu diantara gigi gear
pompa oli itu.
Jadi bila filter oli serta pompa oli bekerja dengan maksimum
jadi kemampuan oil cooler tidak terganggu, hingga temperatur oli juga akan
terbangun. Hal semacam ini perlu karna bila berlangsung overhead mengakibatkan
juga akan mengakibatkan kerusakan komponen-komponen beda seperti silinder head
yang bengkok, kompresi bocor dan lain-lain.