Pages

Cara Memilih CDI Yang Tepat

Cara Memilih CDI Yang Tepat

Sahabat Otomotif, Dalam ulasan kali ini topiknya adalah Cara Memilih CDI Yang Tepat. Tahukah anda kita tak pernah mengira isi apa yang ada didalam CDI itu. Jika kita bongkar pun sama saja tak ada gunanya karna bahan atau komponen didalamnya sudah dicor dengan wadahnya. Sebenarnya untuk diperbaiki pun bisa tapi akan sia-sia jika untuk membukanya saja barangnya sudah rusak. Lebih memilih untuk membeli yang baru saja.

Sekarang CDI tersedia dengan berbagai merk dan harga. Tapi apakah kamu tahu kelemahan barang elektronik itu ?, Seperti kita ketahui barang elektronik yang kualitasnya bagus tak menjamin akan menjadi awet apalagi yang menggunakan komponen murahan. Ada orang yang baru saja membeli CDI original tapi saat pemasanganya memang mesin bisa hidup tapi tidak maksimal. Setelah ganti CDI biasa malah lancar-lancar saja.

Tapi kejadian diatas tidak seutuhnya bahwa CDI original itu jelek. Yang saya maksudkan adalah tak selamanya barang yang asli itu kualitasnya bagus tapi ada juga keluaran produk yang cacat mungkin hanya seper sekian persen. Apalagi untuk pengapian arus DC dalam arus masuk ke CDI nya saja harus menggunakan aki agar maksimal. Tapi banyak motor sekarang yang tak menggunakan aki padahal keawetan CDI itu sendiri ditentukan oleh aki, mengapa ?

CDI DC mungkin butuh arus tetap dari aki dan minimal 10 V. Arus yang masuk mungkin rendah tapi dalam komponenya pun masih mampu untuk menyalurkan api ke dalam Koil. Tapi beda lagi dengan CDI murah atau imitasi yang sekali pasang saja sering motor tak mau langsam, motor tak bisa main di RPM tinggi dan kadang disertai letupan hitam karena pembkaran tidak sempurna atau kurang tepat.

Jadi setidaknya jika sewaktu-waktu ingin membeli CDI yang murah pikirkan dulu kekuranganya apa. Menurut saya merk yang mungkin bisa dijadikan patokan untuk memilih berkualitas dan harganya terjangkau adalah Tokugawa,Varro,Indoparts,Fukuyama dan mungkin banyak lagi tapi yang paling sering digunakan dan tak banyak problem adalah merk diatas.

Jika tak ingin keluar uang dobel karena salah pilih  maka belilah merk yang berkualitas.
sekian tips dari saya semoga bermanfaat.
Back To Top