Pages

Tips Merawat Helm Agar Tidak Bau dan Tetap Awet

Merawat Helm adalah salah satu peralatan wajib bagi pengendara sepeda motor. Keberadaan helm sebenarnya dikatakan wajib karena bertujuan untuk melindungi kepala pengendara sepeda motor dari benturan benda keras. Namun untuk mengatur ketertiban dan kedisiplinan pengendara sepeda motor, saat ini telah diatur oleh undang-undang lalu lintas. Nah jika anda tetap melanggarnya dan memaksa untuk berkendara sepeda motor tanpa menggunakan helm tentunya anda akan merima sanksi dari polisi lalu lintas yang saat itu bertugas.

Baca Juga : Cara merawat Mobil Matic yang Benar

Untuk menghindari helm bau dan menjaganya tetap awet, tentunya anda harus rajin merawat helm tersebut dengan baik dan benar. Berikut adalah tips merawat helm agar tidak bau dan tetap awet:

1. Jaga Kebersihan Helm

Pastikan sebelum anda menggunakan dan sesudah menggunakan, helm harus dalam keadaan bersih jika belum maka tentunya anda harus membersihkannya dengan kain kering. Untuk pembersihan helm lakukan pengelapan pada bagian luar serta kaca helm. Jika kaca tersebut masih buram anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca dan mengelapnya dengan kain kering.

2. Penyimpanan Helm

Untuk menjaga kebersihan helm selain rajin membersihkan anda juga harus memilih lokasi penyimpanan helm yang tepat. Pilihlah lokasi penyimpanan helm yang tidak lembab dan tidak terkena secara langsung terik matahari. Selain menghindari timbulnya jamur dan bakteri, menghindari terik matahari juga akan menjaga kualitas cat helm anda tetap awet.

3. Penjemuran Helm

Cara ketiga ini anda lakukan jika helm anda baru anda gunakan untuk berkendara sepeda motor dalam keadaan hujan. Untuk menghindari bau karena jamur dan bakteri, tentunya anda harus melakukan penjemuran helm. Namun perlu diketahui untuk penjemuran helm anda tidak boleh menjemur seluruh helem, karena penjemuran hanya untuk busa yang menempel pada bagian dalam helm. Lepaskan busa helm tersebut kemudian cuci dan jemur sampai benar-benar kering. Sesudah itu pasangkan kembali pada helm kesayangan anda.

4. Berikan Pewangi

Saat ini juga telah tersedia pewangi helm yang dijual secar umum, untuk mencegah adanya jamur dan bakteri anda dapat membeli pewangi helm yang biasanya cara penggunaanya di semprot.

Keempat tips diatas dapat menjaga helm anda tetap awet dan tidak bau. Namun jika anda tidak ingin repot, saat ini juga telah tersedia jasa pencucian helm seperti laundry helm yang bertebaran di pinggir jalan. Biasanya untuk pencucian helm standar anda akan dikenakan tarif 15ribu/helm standar untuk jenis full face biasanya 15ribu. Tentunya pilihan ada ditangan anda, semalat mencoba dan semoga berhasil! Baca Juga : Cara Merawat Mobil Matic Yang Benar
Back To Top