Pages

Cara Mengetahui Koil Berfungsi atau Tidak ( Eror )

Cara Mengetahui Koil Berfungsi atau Tidak ( Eror )

Sahabat Otomotif, Tentu anda akan kesal jika tiba-tiba saat dikendari motor mengalami masalah. Yuk simak mengapa hal itu bisa terjadi, tetapi dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan masalah yang terjadi pada koil.
Koil berfungsi mengalirkan arus yang dikeluarkan oleh CDI ataupun platina hingga 28.000 Volt terputus-putus ke Busi.Isi dari Koil hanya sebuah lilitan primer sekunder saja dan banyak juga yang mengatakan bahwa koil itu susah mati / tidak berfungsi. Jika koil sudah tidak berfungsi pun tak seratus persen langsung mati seperti CDI .

Kawat Elmail

Gejala awal koil setengah mati / eror yaitu ketika motor dalam keadaan sudah berjalan dan dan kondisi mesin sudah panas karena sudah memepuh jarak yang jauh mesin motor akan tiba-tiba tesendat dan mati. Jika dicek pengapianya tidak ada dan beberapa menit kemudian dicek lagi ada api nya maka bisa dipastikan Koil minta di ganti.

Kenapa koil bisa setengah mati / eror ? 
Dalam membuat arus kecil menjadi arus yang lebih besar maka dibutuhkan lilitan kawat elmail. Kawat ini akan dililit kan dalam wadah Koil dengan lilitan model step up (menaikkan tegangan). Koil bisa setengah mati / eror dikarenakan Elmail yang ada didalamnya sudah terbakar.

Jadi ingat-ingat lah koil mungkin lebih sulit untuk rusak tapi jika sekali koil itu rusak maka akan lebih menjengkelkan dari matinya CDI.
Back To Top